By Putra Fajar Alam

Membuat Scheduler Printing

Akhirnya ngeblog lagi setelah sekian lama,hehehe,,

Kali ini saya pengen cerita mengenai pengalaman saya bikin Scheduler buat Printer saya yang baru selesai saya servis dan berfungsi seperti sediakala. Permasalahannya sih sebenernya klasik, biasanya Printer itu jarang dipakai, kecuali pas lagi banyak tugas, lagi ngerjain skripsi, atau lagi ada keperluan tertentu aja,, tapi diluar itu, si Printer bakal diem saja menunggu tugas yang diberikan, dan menyebabkan tintanya kering, sehingga pada saat ini digunakan kembali, hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, saya kepikiran, kenapa tidak membuat Scheduler saja, yang akan otomatis melakukan pencetakan pada waktu tertentu yang ditentukan. Berikut saya jelaskan langkah – langkahnya :

Requirements :

OS Windows 7

Printer yang sudah ter-install driver-nya

Script buat eksekusi Print

1. Pertama kita buat dulu script untuk melakukan eksekusi printing.

  • Buka notepad.exe
  • Ketik perintah PRINTUI /k /n “Nama Printer Anda”. Perintah ini bertujuan untuk mencetak halaman Print Test Page.
  • Save nama file sebagai namafile.bat. Nama file bisa diubah sesuai keinginan Anda.
  • Tes eksekusi file tersebut, dengan mengeksekusi filenya. Penyimpanan file bisa dimana saja, yang penting jangan lupa untuk mengingat path lokasi penyimpanan file tersebut. Misalnya kita letakkan di C:, berarti path filenya adalah C:namafile.bat

2. Berikutnya setelah script sudah siap untuk dieksekusi, selanjutnya kita perlu membuat Task Scheduler yang merupakan fasilitas bawaan dari Windows 7.

  • Buka aplikasi Task Scheduler
  • Pilih Create Basic Task, isi kolom nama Task nya, misalnya SchedulePrint, kemudian Next

  • Pilih Trigger sesuai keinginan Anda. Trigger disini maksudnya kegiatan yang memicu untuk dilakukan proses printing tersebut. Pada umumnya yang dipilih adalah berdasarkan waktu, misalnya satu minggu sekali, pada hari tertentu, pada waktu tertentu. Namun kita bisa juga memilih pada saat komputer dihidupkan, saat login, atau ada spesific event tertentu untuk melaksanakan action yang diinginkan. Dalam hal ini, saya menggunakan Trigger Weekly, pilih waktu dan hari yang ditentukan, kemudian klik Next
  • Selanjutnya pilih Action untuk Start a Program. Pilih Script yang tadi kita buat di tahap awal.
  • Nah, setelah Action nya kita pilih, kemudian akan muncul dialog Summary Task tersebut. Klik Finish

Voila, kitapun tidak perlu lagi untuk melakukan maintenance Printer kita secara manual.

Ini yang dapat saya sampaikan, semoga ilmunya bermanfaat dan dapat menginspirasi untuk membuat proses – proses lain yang terotomatisasi.