GenetikGenetik

By Putra Fajar Alam

Konsep MVC pada CodeIgniter

Konsep MVC pada CodeIgniter

CodeIgniter didasarkan pada pola pengembangan ModelViewController. MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. Dalam praktiknya, hal itu memungkinkan halaman web untuk memuat script kecil karena presentasi terpisah dari PHP scripting.

  • Model merepresentasikan struktur data. Biasanya kelas model akan berisi fungsi-fungsi yang membantu mengambil, memasukkan, dan memperbarui informasi dalam database.
  • View adalah informasi yang sedang disajikan kepada pengguna. Sebuah View biasanya akan menjadi sebuah halaman web, tetapi dalam CodeIgniter, tampilan juga bisa menjadi fragment halaman seperti header atau footer.
  • Controller berfungsi sebagai perantara antara Model, View, dan setiap sumber daya lainnya yang dibutuhkan untuk memproses HTTP request dan menghasilkan suatu halaman web.

CodeIgniter memiliki pendekatan yang cukup longgar untuk MVC karena Model yang tidak diperlukan. Pada CodeIgniter juga memungkinkan untuk memasukkan script yang sudah ada, atau bahkan mengembangkan core library untuk sistem, memungkinkan untuk bekerja dengan cara yang paling masuk akal.

By Putra Fajar Alam

Knowledge Management System

Knowledge Management System merupakan metode yang bisa menjamin proses pengelolaan KM berjalan. Alavi dan Leidner (2001) mendefinisikan knowledge management system (KMS) mengacu pada sebuah kelas sistem informasi yang diterapkan untuk mengelola pengetahuan organisasi. Artinya, sistem berbasis IT (IT-based system) yang dikembangkan untuk mendukung dan meningkatkan proses penciptaan pengetahuan organisasi, penyimpanan, pengalihan, dan aplikasi. Fungsi dari knowledge system adalah menyusun dan menyimpan knowledge baik yang berupa tacit maupun explicit tersebut sehingga dapat digunakan kembali saat dibutuhkan Dengan pemanfaatan teknologi informasi yang dapat mendukung proses tersebut.

Proses knowledge management system merupakan IT-based system yang dibangun untuk mendukung dan mengembangkan knowledge yang ada di organisasi. Peranan dan tujuan dari knowledge management system adalah sebagai berikut:

1. Sarana pengumpulan knowledge

Knowledge management system berguna sebagai sarana untuk mengumpulkan knowledge bagi organisasi. Proses pengumpulan knowledge ini dapat berasal dari mana saja dan dapat pula berbentuk apa saja baik tacit maupun explicit.

2. Sarana penyebaran knowledge

Knowledge management system adalah sarana untuk saling tukar-menukar knowledge yang ada dari satu entitas ke entitas lain. Juga sebagai sarana transfer knowledge sehingga masing-masing entitas dapat memiliki knowledge yang sebelumnya dimiliki.

3. Sarana pengelolaan knowledge

Knowledge management system juga beguna sebagai tempat penyimpanan knowledge (dalam bentuk database misalnya) dan mengelolanya sehingga knowledge yang ada dan telah tersimpan tidak terbengkalai begitu saja.

4. Meningkatkan knowledge

Knowledge management system juga berguna sebagai sarana meningkatkan knowledge yang ada dengan cara memilah knowledge mana yang dapat berperan dalam proses upgrading dari knowledge tiap entitas dalam organisasi.

Seperti pada kebanyakan area di bidang pengembangan sistem informasi, di KM pun tidak terlepas dari 3 elemen utama KM, yaitu: People, Process, Technology (Wickramasinghe, 2006). Ketiganya merupakan tiga elemen penting yang dapat menentukan keberhasilan implementasi sistem KM. Bahkan dikatakan bahwa knowledge management itu sendiri adalah integrasi dari people dan process, yang kemudian dimungkinkan dengan technology, untuk memfasilitasi pertukaran informasi, knowledge, dan keahlian untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Hubungan di antara ketiga elemen tersebut dinamakan KM Triad seperti yang ditunjukkan pada Gambar II-1 KM Triad adalah untuk menekankan bahwa knowledge dapat diciptakan oleh orang dan atau teknologi dan juga dapat tertanam dalam suatu proses.

Gambar II‑1 KM Triad

By Putra Fajar Alam

Knowledge Management

Knowledge Management (KM) terkait dengan aktivitas memfasilitasi pengelolaan knowledge, antara lain melalui aktivitas kreasi knowledge, menangkap knowledge, perubahan serta penggunaan knowledge. Istilah knowledge management pertama kali diperkenalkan kira-kira pada awal tahun 1990-an.

Pengertian knowledge management menurut Tobing (2007) yaitu pengelolaan knowledge perusahaan dalam menciptakan nilai bisnis (business value) dan menghasilkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan (sustainable competitive advantage) dalam mengoptimalkan proses penciptaan, pengomunikasian dan pengaplikasian semua knowledge yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian tujuan bisnis. Dari pernyataan tersebut KM  harus mendukung tujuan jangka panjang institusi untuk senantiasa memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan.

Wiig (1999) berpendapat bahwa fokus manajemen knowledge adalah penentuan, pengorganisasian, pengarahan, memfasilitasi, dan pemantauan knowledge-terkait dengan praktik dan aktivitas yang diperlukan untuk mencapai strategi dan tujuan organisasi yang diinginkan. Meskipun definisinya berbeda-beda, dapat ditarik pengertian bahwa knowledge management menekankan:

  1. Adanya usaha yang serius untuk meningkatkan sistem kognisi (organisasi, manusia, teknologi, atau gabungan manusia dan teknologi).
  2. Adanya aset-aset knowledge yang dikelola, yang berasal dari dalam dan luar organisasi, individu atau kelompok.
  3. Adanya proses pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan penggunaan knowledge tersebut untuk mencapai tujuan tertentu.
  4. Adanya penyebaran knowledge dan pengalaman baik melalui akses langsung ke database maupun melalui sharing dan kolaborasi ke lingkungan internal dan eksternal organisasi.
  5. Adanya kreativitas dan inovasi menciptakan knowledge baru.
  6. Adanya pengelolaan penciptaan knowledge (knowledge creation) dan pengorganisasian knowledge

Knowledge management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

By Putra Fajar Alam

Definisi Knowledge

Definisi Knowledge.

Dalam upaya mencapai keunggulan kompetitif, knowledge management merupakan faktor yang paling penting bagi organisasi saat ini. Tobing (2007) dalam bukunya Knowledge Management Concept, arsitektur dan implementasi mengemukakan bahwa definisi knowledge adalah informasi yang mengubah sesuatu atau seseorang, hal itu terjadi ketika informasi tersebut menjadi dasar untuk bertindak, atau ketika informasi tersebut memampukan seseorang atau institusi untuk mengambil tindakan yang berbeda atau tindakan yang lebih efektif.  Definisi knowledge bergantung pada data dan informasi yang dimiliki oleh suatu personal yang merefleksikan tentang suatu pendapat.

Dalam buku yang ditulis oleh Choo (1998), disampaikan ringkasan gagasan yang mendasari definisi knowledge adalah sebagai berikut:

  1. Knowledge merupakan kepercayaan yang dapat dipertanggungjawabkan (justified true believe).
  2. Knowledge merupakan sesuatu yang explicit sekaligus tacit.
  3. Penciptaan knowledge secara efektif bergantung pada konteks yang memungkinkan terjadinya penciptaan tersebut.
  4. Penciptaan knowledge melibatkan lima langkah utama, yaitu berbagi knowledge terbatinkan, menciptakan konsep, membenarkan konsep, membangun prototype, dan melakukan penyebaran knowledge di berbagai fungsi dan tingkat organisasi

Tacit knowledge adalah sesuatu yang diketahui, namun sulit untuk diungkapkan karena berada di dalam diri (otak) individu. Sedangkan explicit knowledge adalah pengetahuan atau pengalaman yang sudah diuraikan secara lugas dan sistematis ke dalam sebuah media.

Davenport and Prusak (1998) memiliki definisi knowledge secara luas dengan knowledge merupakan campuran dari pengalaman, nilai, informal kontekstual, dan pandangan pakar yang memberikan kerangka untuk mengevaluasi dan menyatukan pengalaman baru dan informasi. Knowledge dimiliki dan diterapkan dalam pikiran pemilik pengetahuan. Di perusahaan, knowledge sering terkait tidak saja pada dokumen atau tempat penyimpanan dokumen, tetapi juga pada rutinitas organisasi, proses, praktek dan norma perusahaan.

Mirip dengan definisi knowledge dari Drucker tetapi relatif lebih mudah untuk dipahami, Sveiby (1997) mengutarakan definisi knowledge  sebagai kapasitas untuk bertindak, sebagaimana definisi yang digunakan oleh Michael Polanyi dan Ludwig Wittgenstein. Kapasitas untuk bertindak seseorang diciptakan secara berkelanjutan melalui proses mendapatkan pengetahuan (process-of-knowing). Dengan kata lain, pengetahuan tidak dapat dipisahkan dari konteksnya. Sedangkan, bertindak merupakan sesuatu yang bersifat praktis, seperti memotong kayu, berjalan, dan juga bersifat intelektual, seperti bicara, analisis.

 

By Putra Fajar Alam

Perbedaan Tacit dan Explicit Knowledge

Perbedaan Tacit dan Explicit Knowledge.

Knowledge merupakan informasi yang dikombinasikan dengan pengalaman serta penilaian. Menurut Nonaka dan Takeuchi (1995) terdapat dua jenis knowledge, yaitu:

  1. Explicit knowledge adalah knowledge yang terdokumentasikan dalam berbagai bentuk, seperti paper, laporan penelitian, buku, artikel, manuskrip, paten dan software, dan lain-lain. Dengan kata lain knowledge yang sudah dapat dikemukakan dalam bentuk data, formula, spesifikasi produk, manual, prinsip-prinsip umum, dan sebagainya. Knowledge jenis ini dapat segera diteruskan dari satu individu ke individu lain secara formal dan sistematis.
  2. Tacit knowledge, berasal dari kata tacit berarti sesuatu yang tidak dengan mudah dilihat dan diekspresikan. Tacit knowledge berakar dalam tindakan dan pengalaman pribadi, seperti dambaan, nilai, atau pun emosi. Wawasan dan intuisi subjektif juga masuk dalam kategori ini. Tacit knowledge sangat bersifat pribadi dan sulit diformalisasikan.

Perbedaan tacit dan explicit knowledge dapat dilihat pada tabel II-1.

Tabel II‑1 Perbedaan Tacit dan Explicit Knowledge

Berdasarkan Tabel II-1, tacit knowledge meliputi pengalaman seseorang sedangkan explicit knowledge memuat hal yang bersifat rasional. Tacit knowledge merupakan pengetahuan yang dipraktikkan, sedangkan explicit merupakan teori tentang sesuatu. Kedua jenis knowledge di atas tidak bisa dipisahkan dari knowledge individu dan knowledge organisasi, bahkan saling berinteraksi satu sama lain. Perubahan dari satu jenis ke jenis lainnya berlangsung secara dinamis.

By Putra Fajar Alam

Perbedaan SIM dan KMS

Management Information System (MIS) atau yang biasa disebut dengan SIM adalah sistem yang mengelola data dan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan untuk mencapai proses yang lebih efektif dan efisien. Perbedaan MIS dengan sistem informasi pada umumnya adalah pada MIS dilakukan proses analisis terhadap aktivitas operasional sehingga didapatkan model yang lebih optimal untuk kegiatan operasional.

Knowledge Management System (KMS) adalah sistem informasi tingkat lanjut dari MIS. Di dalam KMS dilakukan proses Socialization, Externalization, Combination, and Internalization (SECI) serta adanya knowledge management lifecycle yaitu creation, storage, transfer, dan application. Pada KMS fokus utama adalah knowledge yang dimiliki organisasi dan dikelola serta dijalankan proses sharing dan distribute secara berkelanjutan yang bertujuan untuk menyebarkan knowledge yang dimiliki organisasi dan meningkatkan kinerja dari organisasi.

By Putra Fajar Alam

Cara Mudah Menyegarkan Otak

Cara Mudah Menyegarkan Otak

Ada beberapa cara mudah menyegarkan otak. Cara-cara berikut terbukti secara ilmiah dapat efektif membuat otak kembali fokus dan berkonsentrasi hingga 25 menit (bagi dewasa), seperti dilansir Lifemojo, Kamis (2/6/2011) :

1. Musik

Musik yang menenangkan sangat bermanfaat bagi mental atau pikiran. Kosongkan pikiran dengan hanya duduk dan mendengarkan musik. Musik akan membuat Anda merasa lebih baik.

2. Olahraga

Melakukan aktivitas fisik yang teratur seperti berenang setiap pagi merupakan cara ampuh untuk membuat pikiran Anda tenang. Aktivitas fisik dapat merangsang tenaga fisik dan menyegarkan pikiran di samping semua manfaat kesehatannya.

3. Tertawa

Tertawa memang obat terbaik untuk mengusir kebosanan. Olahraga, tawa dan humor dapat melepaskan endorphin yang meningkatkan mood dan perasaan bahagia.

4. Sosialisasi

Manusia secara alami adalah makhluk sosial. Interaksi sesama manusia tampaknya dapat menjaga pikiran Anda tetap segar. Lakukan kontak dengan orang-orang baru atau menelepon teman.

5. Tidur

Tidur yang baik adalah landasan untuk produktivitas yang kuat. Tidur siang sejenak juga bisa kembali menyegarkan pikiran dan membuat Anda merasa lebih baik.

6. Mencium aroma yang segar

Mencium aroma kopi, aromaterapi atau bau-bauan lain yang segar dapat dengan mudah mengembalikan semangat dan memperbaharui pikiran Anda.

7. Mandi

Mandi air hangat bagus untuk membantu menenangkan pikiran dan otot tubuh. Menambahkan garam mandi atau wewangian favorit ke dalam bak Anda juga akan membuat aktivitas mandi Anda semakin menyenangkan.

Sumber www.kaskus.us

By Putra Fajar Alam

10 Karakter Baik

10 Karakter Baik yang ada di dalam diri manusia:

1. Bersikap Rendah Hati.

Sikap rendah hati mengungkapkan kekuatan bukan kelemahan. Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain.

2. Positive Thinking
Orang yang bersikap positif (positive thinking) selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun.

Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain,
lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan,
lebih suka mencari solusi daripada frustasi,
lebih suka memuji daripada mengecam, dan sebagainya.

3. Bertanggung jawab
Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.

4. Tulus
Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura- pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta.

5. Berjiwa Besar
Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa-masa sukar dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.

6. Setia
Kesetiaan sudah menjadi barang langka & sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.

7. Percaya Diri
Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru. Dia tahu apa yang harus dilakukannya dan melakukannya dengan baik.

8. Selalu Ceria
Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.

9. Easy Going
Orang yang easy going menganggap hidup ini ‘ringan’. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil atau berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan. Dia tidak mau pusing dan stres dengan masalah-masalah yang berada di luar kontrolnya.

10. Empati
Empati adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

Hal-hal tersebut merupakan 10 karakter baik yang ada di dalam diri manusia.

Sumber www.kaskus.us

By Putra Fajar Alam

Bangun Pondasi Website Anda | Eps. 04 “Submit ke Google Search”

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya Google Search. Mesin pencari nomor satu dunia ini memang luar biasa kinerjanya, sehingga dapat menggusur mesin pencari yang lebih dahulu lahir dari Google Search. Cukup memasukkan kata kunci (keyword) tertentu yang ingin kita dapatkan informasi dan berbagai hal mengenai keyword tersebut, Google Search akan segera memberikan hasilnya hanya dalam hitungan detik.

Nah, hasil pencarian dari Google Search itu tentu tidak otomatis muncul dengan sendirinya. Untuk memunculkan website di hasil pencarian Google, kita harus memasukkan URL (nama website yang kita miliki) ke alamat berikut http://www.google.com/addurl . Ibaratnya seperti di dunia nyata, kita harus membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar bisa menjadi identitas resmi dan menjadi alamat kita untuk dihubungi oleh orang lain. Dengan didaftarkannya alamat website kita ke Google Index, website kita akan dikenali oleh Google dan ditampilkan di hasil pencariannya jika sesuai dengan keyword yang dicari.

Setelah melakukan submit URL website kita, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan keyword yang tepat dengan tema/konten website yang kita miliki dan jangan lupa tentukan deskripsi website kita. Deskripsi website berguna sebagai penjelasan singkat yang muncul di hasil pencarian. Hal ini sangat berguna untuk membantu user menemukan website sesuai yang diinginkan.

By Putra Fajar Alam

Bangun Pondasi Website Anda | Eps. 03 “Google Accounts”

Setelah melakukan proses sign up di GMail, langkah selanjutnya adalah membuat Google Accounts yang berguna untuk mengelola produk – produk yang di sediakan oleh Google Inc. seperti Google AdSenseGoogle Webmaster ToolsGoogle Analytics dan banyak produk lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut.

Selain itu, keunggulan yang didapat jika menggunakan Google Accounts adalah bisa digunakan untuk autentikasi di berbagai website atau dengan bahasa mudahnya, Anda cukup login dengan username dan password Anda untuk beraktifitas di website tersebut tanpa harus membuat username dan password baru. Tentu akan lebih mudah bukan jika kita bisa menggunakan Google Accounts dibanding harus mengingat – ingat username dan password yang baru.